TELAH TERSEDIA PETA RUPABUMI SKALA DETIL UNTUK KAWASAN PERKOTAAN PURWOREJO-KUTOARJO

Kawasan perkotaan Purworejo-Kutoarjo merupakan salah satu kawasan strategis Provinsi Jawa Tengah yang berada di wilayah Kabupaten Purworejo. Kawasan ini dengan demikian diprioritaskan dalam penataan ruangnya termasuk dalam penyusunan Rencana rincinya berupa Rencana Detil Tata Ruang Kawasan Perkotaan Purworejo-Kutoarjo. Kendala yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam proses penetapan Peraturan Daerah RDTR Kawasan Perkotaan Purworejo-Kutoarjo adalah belum tersedianya peta dasar berupa Peta Rupabumi Indonesia skala detil yang seharusnya disediakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) selaku badan yang diberi amanah Undang-Undang Informasi Geospasial.

Menghadapi permasalahan tersebut Pemerintah Kabupaten Purworejo yang dilaksanakan oleh Bappeda Kabupaten Purworejo telah menyusun Peta Dasar Rupabumi Indonesia kawasan Perkotaan Purworejo-Kutoarjo pada skala detil 1:5000 untuk kebutuhan pembuatan peta-peta tematik dalam RDTR kawasan perkotaan tersebut.

Bappeda telah menggandeng pihak ketiga untuk melaksanakan pekerjaan tersebut dengan proses supervisi dari BIG sebagai penanggung jawab penyelenggaraan informasi spasial dasar diIndonesia. Untuk saat ini telah dihasilkan Peta Rupabumi Indonesia untuk kawasan perkotaan Purworejo-Kutoarjo sejumlah 27 sheet. Diharapkan dengan ketersediaan peta tersebut, maka proses penetapan RDTR Kawasan Perkotaan Purworejo dapat ditindaklanjuti pada tahun 2016 ini.