RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN PURWOREJO AKAN DITINJAU KEMBALI

RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN PURWOREJO AKAN DITINJAU KEMBALI

Genap empat tahun Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Purworejo telah diimplementasikan dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo Nomor 27 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten PurworejoTahun 2011-2031. Pada kurun waktu tersebut telah dijumpai berbagai dinamika dilapangan terkait bidang penataan ruang baik pada aspek pengaturan, pembinaan,pelaksanaan hingga pengawasan. Dinamika yang terjadi antara lain adalah simpangan pemanfaatan ruang wilayah antara regulasi yang termuat dalam RTRW dengan kondisi di lapangan.

Padatahun 2015 yang baru lalu Bappeda telah melaksanakan kegiatan evaluasi terhadapRTRW Kabupaten Purworejo dan diperoleh hasil bahwa terdapat simpangan dalam RTRW sebesar 13,69% dan adanya perubahan materi peraturan sebesar 25%.Sementara itu sistematika peraturan tidak berubah. Dengan demikian rekomendasidari hasil evaluasi RTRW adalah perlu melakukan revisi melalui proses dan proses perubahan Peraturan Daerah RTRW.

Menindaklanjuti hasil evaluasi tersebut maka, pada tahun 2016 ini dilakukan rangkaian kegiatan peninjauan kembali RTRW Kabupaten Purworejo oleh Dinas Pekerjaan Umum KabupatenPurworejo. Kegiatan ini akan diawali dengan pembentukan Tim oleh Bupati serta ditindaklanjuti dengan penetapan revisi oleh Bupati serta kegiatan revisi RTRW.Ditargetkan pada tahun 2017 yang akan datang Kabupaten Purworejo telah memilikiPerda RTRW baru sekaligus mewadahi peluang yang ada di kawasan selatan Purworejo untuk pengembangan aerotropolis dengan adanya rencana pembangunan Bandara New Yogyakarta di Kulon Progo serta Bendungan Bener di Kecamatan Bener yang berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo.