Informasi Kesesuaian Tata Ruang (IKTR) Dilayani Satu Atap di OPD Perizinan

Mempertimbangkan perlunya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka pimpinan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Purworejo mengeluarkan kebijakan untuk menerbitkan Informasi Kesesuaian Tata Ruang atau yang dikenal IKTR hanya yang telah diberikan pengantar oleh organisasi perangkat daerah yang mempunyai kewenangan dalam bidang perizinan. Hal tersebut untuk menghindari permohonan yang tidak diproses lanjut di OPD perizinan maupun menghemat jalur birokrasi sehingga masyarakat tidak perlu ke berbagai pintu untuk proses perizinan. Dengan demikian masyarakat yang sebelumnya harus langsung ke DPUPR baru ke Dinas PMPTS, saat ini cukup satu pintu di PMPTSP, sedangkan PMPTSP yang akan memroses IKTRnya ke DPUPR.
Beberapa waktu sebelumnya IKTR yang dikeluarkan oleh DPUPR sering kali tidak diproses lanjut ke PMPTS, maka perubahan mekanisme ini merupakan langkah efisien dalam pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan masyarakat yang yang hanya menginginkan informasi IKTR tanpa proses perizinan lanjut, dapat diakses secara online melalui web http://simtaru.purworejokab.go.id.
Untuk mempersiapkan perubahan mekanisme pelayanan ini dilakukan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan pemangku kepentingan terkait dengan mengundang OPD-OPD yang seringkali membutuhkan IKTR sebagai syarat perizinan. Pasca rapat koordinasi tersebut, maka diterbitkan surat dari Kepala DPUPR ke OPD terkait mekanisme baru tersebut.